Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Menjalankan Android Di Pc/Laptop Tanpa Bluestack Atau Emulator Lainnya

Cara Menjalankan Android Di Pc

Rizaluye.eu.org - Cara Menjalankan Android di PC Tanpa Bluestack atau Emulator Lainnya - Ingin install android di pc tanpa emulator ? Tapi galau bagaimana cara menjalankan aplikasi android di pc tanpa bluestacks atau emulator lainnya ? Sebenarnya caranya sangat mudah. Berikut bagikan cara bermain aplikasi android di pc tanpa emulator .

Saat ini, menjalankan aplikasi Android di PC/Laptop memang sanggup dengan gampang kau lakukan. Bagaimana caranya? Mungkin banyak orang yang sudah tahu. Emulator android jawabannya.

Banyak sekali emulator android gratisan yang sanggup kau gunakan untuk menjalankan Android di PC/Laptop. Diantaranya Bluestack, NOX, dan masih banyak lagi.

Menjalankan Android menggunakan emulator di PC/Laptop tentu tak gampang bagi PC/Laptop yang berspesifikasi pas-pasan. Karena saat menjalankan software tersebut, perangkat kau akan ngos-ngosan dan membuka aplikasi di emulator android akan sangat lambat.

Apa yang mengakibatkan hal tersebut? Ini alasannya yakni System Emulator dan Kernel Host PC/Laptop berbeda, sehingga sering terkesan lambat alasannya yakni harus memboot ulang sebuah operasi sistem android dengan melaksanakan emulasi.

Selain itu, emulator android tidak menggunakan space/memori yang tidak sedikit. Butuh bergiga-giga bit untuk sanggup menginstal emulator ini. Tentu akan susah jikalau hardisk udah merah bukan?

Nah maka dari itu, kau berikan solusinya. Yakni menjalankan aplikasi/game android di PC tanpa menggunakan emulator. Tapi, bagaimana  cara menjalankan android di pc tanpa bluestack /emulator lainnya?

Kita akan memanfaatkan fitur dari Chrome. Yakni menggunakan ekstensi/plugin/addon yang ada di Chrome. Kaprikornus sebelum berlanjut, pastikan laptop/pc kau punya browser Chrome dulu ya.

Ada 2 ekstensi browser Chrome yang sanggup kau gunakan untuk menjalankan aplikasi android di PC/Laptop. Apa saja itu? Berikut bagikan caranya

Cara Menjalankan Android di PC Tanpa Bluestack atau Emulator Lainnya  2 Cara Menjalankan Android di PC/Laptop Tanpa Bluestack atau Emulator Lainnya

A. Cara bermain aplikasi android di pc tanpa emulator dengan Arc Welder

Ekstensi Chrome pertama yang akan kita gunakan untuk menjalankan aplikasi di laptop tanpa emulator yakni berjulukan Arc Welder. Untuk ukurannya ekstensi tersebut yakni berkisar 12 MB saja.

Cara menggunakannya :

1. Buka browser chrome di PC/Laptop

2. Klik link Arc Welder untuk eksklusif ke halaman instalasi ekstensi Arc Welder.

Atau kamu juga sanggup ke hidangan setelan (di pojok kanan atas) > More tools ekstensions > cari Arc Welder

3. Pilih Add to Chrome untuk menginstal

4. Download aplikasi android yang kau ingin pakai berformat APK dahulu di google. Kamu sanggup mencarinya dengan kata kunci "download (nama aplikasi) apk"

5. Buka Arc Welder dengan masuk ke chrome://apps > pilih Arc welder >  klik Choose > pilih folder terserah untuk menyimpan file ke filesystem.



6. Klik Add Your APK > pilih APK yang sudah kau unduh tadi


7. Pada halaman Test Your App, silakan atur sesuai harapan > Terakhir, klik Launch App di pojok kanan bawah

Catatan : Jika tidak ada Launch App, klik saja Test > Masuk ke chrome://apps > buka aplikasinya

Kelemahan menggunakan cara menjalankan aplikasi android di pc tanpa bluestacks /emulator ini yakni tidak supportnya semua aplikasi android. Untuk mengatasinya, silakan coba cara yang kedua.


B. Cara bermain aplikasi android di pc tanpa emulator dengan Archon Runtime

Selain dengan ekstensi di atas, ada juga ekstensi chrome lainnya yang berjulukan Archon Runtime. Untuk penggunaannya agak lebih ribet sih. Tapi cara menjalankan aplikasi android di pc tanpa bluestacks / emulator di poin B ini sanggup kau coba akrena lebih support ke banyak aplikasi.


Cara menjalankan file apk di pc tanpa emulator edngan Archon Runtime :

I. Menginstal Archon Runtime

Sebelum menambahkan aplikasi, instal dahulu ekstensi ini ke Chrome kamu.

1. Download ekstensi Archon Runtime until chrome di link ini sesuai versi OS kau > ekstrak filenya

Download juga Archon Packager (Opsional/Gak wajib) untuk mempermudah. ARChon Packager cara yang gampang untuk menciptakan Chrome ARChon Custom Runtime packages eksklusif dari smartphone kamu.

2. Buka Chrome > klik ikon setting di pojok kanan atas > pilih More tools >  pilih extensions

Atau pada address kafe ketikkan perintah
chrome://extensions > enter

3. Cari menu Developer mode di pojok kanan atas dan centang/aktifkan

4. Sekarang instal ekstensi Archon Runtimenya dengan pilih Load unpacked > Cari dimana folder kau mengekstrak Archon Runtime tadi. Jika terjadi error kalem aja alasannya yakni normal

II. Mengcovert aplikasi
Setelah menginstal Archon Runtime, maka kini kau harus mengconvert aplikasi. Nah, pada tahap ini nih yang agak ribet alasannya yakni kau harus mengubah/mengconvert APK ke format yang sanggup dikenali oleh google chrome. Caranya mengubahnya yakni menggunakan script yang dibentuk oleh Filippov. Jika ingin tau silakan baca artikel berikut https://github.com/vladikoff/chromeos-apk

Instalasi chromeos-apk sesungguhnya cukup gampang yakni menggunakan npm (runtime dari NodeJS). Untuk pengguna Windows instal dulu NodeJS. Untuk pengguna Linux (misal Ubuntu) instal dulu npm.

Proses instalasinya :

sudo npm install chromeos-apk -g
Lalu untuk mengubah APK ke yang support Chrome Extensions, gunakan :
chromeos-apk Kaskus_2.14.1.apk
Script di atas akan menghasilkan folder gres sesuai dengan vendor aplikasi android yang diconvert. Contohnya untuk aplikasi Whatsapp maka foldernya com.whatsapp.android.android 

III. Manambahkan ke Chrome
Setelah menciptakan aplikasi yang support Chrome extensions, maka kau tinggal tambahkan folder tsb ke Chrome. Caranya :

1. Buka Chrome > ikon titik tiga di pojok kanan atas > More tools > extensions

Atau bisa juga eksklusif ketikkan chrome://extensions di address bar

2. Aktifkan Developer mode di sisi kanan > pilih Load unpacked

3. Cari dan pilih folder yang sudah dibentuk tadi, pola :  com.whatsapp.android.android

4. Akan muncul extensi gres yang berjulukan folder tersebut. Klik Launch 

Bisa juga ketikkan chrome://apps di address bar


Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel mengenai 2 cara menjalankan android di pc tanpa bluestack atau emulator lainnya . Bagikan artikel ini ke sosial media kau melalui tombol sosial media di bawah jikalau menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Tambahkan komentar jikalau ada info yang kurang atau ingin bertanya

Dicari juga : cara bermain aplikasi android di pc tanpa emulator cara menjalankan file apk di pc tanpa emulator cara menjalankan aplikasi android di pc tanpa bluestacks install android di pc tanpa emulator