Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting Cetak Printer Dot Matrix LX 300, LX-310 Untuk Kertas Continuos Form

Cara Setting Cetak Printer Dot Matrix LX 300, LX-310 Untuk Kertas Continuos Form

Rizaluye.eu.org - Cara Setting Cetak Printer Dot Matrix LX 300, LX-310 Untuk Kertas Continuos Form , Printer Dot Matrix merupakan salah satu printer yang sangat banyak di gunakan di perkantoran maupun konter konter pembayaran, printer ini masih menggunakan printer dot matrix jenis pita. Ada beberapa kendala atau masalah yang sering terjadi saat melakukan cetak mencetak dengan ukuran kertas yang statik maupun yang dinamis.


Printer Dot Matrix versi keluaran LX sangat banyak di jumpai di diperkantoran maupun kasir pembayaran, karena printer ini tergolong sangat handal dan kuat. Beberapa dari pengalaman user yang penulis temui tentang kendala yang terjadi di lapangan adalah hasil cetak yang tidak maksimal, ukuran hasil cetak tidak sesuai dengan ukuran, hasil cetak dengan huruf yang kecil maupun besar, kertas menggulung setalah selesai mencetak, tidak sesuainya pemberhentian saat cetak di kertas continuous form dan penggunaan browser untuk mencetak halaman pdf.

Dari beberapa permasalahan diatas penulis akan memberikan tutorial bagaimana caranya untuk membuat hasil cetakan printer menjadi pas dan tidak menggulung dengan memanfaatkan setingan kertas dan ukuran serta kedalaman pixel.

Berikut dibawah ini cara setting printer LX-310 di Windows 7, cara ini dapat digunakan di Sistem Operasi Windows XP.

Sebelum memulai setting printer, hal yang paling terpenting adalah install terlebih dahulu driver printer LX-310 atau LX-300 agar dapat di setting secara maksimal. Silakan buka Devices and Printers pada menu Hardware and Sound, setelah itu pilih printer EPSON LX-310 ESC/P sesuai dengan nama yang terinstall di masing masing pc atau laptop.

Selanjutnya Untuk melanjutkan pilih printer LX-310 dan Print server properties


Selanjutnya akan tampil menu seperti gambar dibawah silakan  ceklis Create a new Form untuk membuat jenis kertas yang di inginkan, biasanya menggunakan jenis kertas Continuous Form, beri nama Form name (nama kertas, pada kali ini saya gunakan nama kertasnya adalah kertas_kwitansi) misal " Faktur ", selanjutnya isikan lebar dan tinggi dengan mengaktifkan Units Metric (dalam bentuk cm), pada bagian Width (Lebar) isi 21 dan untuk Height (Tinggi) isikan 14, untuk menyelesaikanya silakan klik Save Form kemudian OK.



Pada tahap ini adalah untuk mengkonfigurasi jenis kertas yang digunakan dan ukuran pixel yang akan di pakai. Silakan klik kanan printer EPSON LX-310 ESC/P kemudian pilih Printing Preferences kemudian klik Advanced.


Selanjutnya Pada tahap ini anda akan menentukan ukuran kertas , setelah anda klik menu Advanced, akan muncul tampilan seperti di bawah, pada menu paper size ubah menjadi nama Ukuran yang kita buat tadi, karena kita tadi memberikan nama Faktur , maka pilih Faktur dan klik OK.



Selanjutnya anda tinggal mecoba setingan kertas yang telah anda buat tadi menggunakan kertas Continuos Form.

Demikian artikel mengenai "Cara Setting Cetak Printer Dot Matrix LX 300, LX-310 Untuk Kertas Continuos Form",  Semoga Bermanfaat