ZMedia Purwodadi

Rumus Keliling dan Luas Bangun Datar

Table of Contents
Rumus Keliling dan Luas Bangun Datar


Rizaluye.eu.orgRumus Keliling dan Luas Bangun Datar, Di dalam matematika, kita akan sering menemukan istilah keliling dan luas. Kedua istilah ini digunakan untuk mengukur sisi dan permukaan suatu bangun datar. Dalam artikel ini, kita akan membahas keliling dan luas dari beberapa jenis bangun datar yang sering ditemukan dalam matematika kelas 6.

Rumus Keliling dan Luas Bangun Datar

1. Keliling dan Luas Persegi Persegi adalah bangun datar yang memiliki empat sisi yang sama panjang. Rumus keliling persegi adalah 4 x sisi, sedangkan rumus luas persegi adalah sisi x sisi. Contoh: jika panjang sisi persegi adalah 5 cm, maka kelilingnya adalah 4 x 5 = 20 cm dan luasnya adalah 5 x 5 = 25 cm persegi.

2. Keliling dan Luas Persegi Panjang Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki dua sisi yang panjang dan dua sisi yang lebar. Rumus keliling persegi panjang adalah 2 x (panjang + lebar), sedangkan rumus luas persegi panjang adalah panjang x lebar. Contoh: jika panjang sisi persegi panjang adalah 10 cm dan lebar sisi adalah 5 cm, maka kelilingnya adalah 2 x (10 + 5) = 30 cm dan luasnya adalah 10 x 5 = 50 cm persegi.

3. Keliling dan Luas Segitiga Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga sisi. Rumus keliling segitiga adalah sisi a + sisi b + sisi c, sedangkan rumus luas segitiga adalah setengah dari alas x tinggi. Contoh: jika panjang sisi a segitiga adalah 6 cm, sisi b adalah 10 cm, sisi c adalah 8 cm, dan tinggi segitiga adalah 5 cm, maka kelilingnya adalah 6 + 10 + 8 = 24 cm dan luasnya adalah setengah dari (10 x 5) = 25 cm persegi.

4. Keliling dan Luas Jajar Genjang Jajar genjang adalah bangun datar yang memiliki dua sisi yang sejajar. Rumus keliling jajar genjang adalah 2 x (sisi a + sisi c), sedangkan rumus luas jajar genjang adalah sisi a x tinggi. Contoh: jika panjang sisi a jajar genjang adalah 8 cm, sisi c adalah 6 cm, dan tinggi jajar genjang adalah 4 cm, maka kelilingnya adalah 2 x (8 + 6) = 28 cm dan luasnya adalah 8 x 4 = 32 cm persegi.

Dengan memahami rumus-rumus di atas, kita dapat dengan mudah menghitung keliling dan luas bangun datar yang kita temukan dalam soal matematika. Ingatlah bahwa keliling adalah panjang lintasan yang melingkupi suatu bangun datar, sedangkan luas adalah permukaan yang terdapat dalam suatu bangun datar. Semoga penjelasan ini membantu teman-teman dalam belajar matematika kelas 6

Post a Comment

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Rizaluye.eu.org :